Rabu, 15 Februari 2012

Sistem Struktur Penahan Beban Gempa


Sistem Struktur Penahan Beban Gempa
Ada empat macam tipe sistem struktur yang berfungsi meningkatkan ketahanan bangunan terhadap beban gempa yaitu:
1.    Rangka pemikul momen (momen resisting frame)
Rangka pemikul momen adalah sistem rangka ruang dimana komponen-komponen struktur dan join-joinnya menahan gaya-gaya yang bekerja melalui aksi lentur geser dan aksial. Sistem ini terdiri dari tiga jenis, yaitu: rangka pemikul momen biasa, rangka pemikul momen menengah, dan rangka pemikul momen khusus. Fungsi dan penggunaan ketiga rangka pemikul tersebut tergantung dari resiko gempa di wilayah struktur berada.
2.    Portal dinding (walled frame)
Portal dinding adalah dinding luar gedung yang ditujukan untuk bekerja sebagai balok dan kolom serta penahan gaya gempa. Sistem struktur ini berfungsi mengendalikan simpangan antar tingkat yang berlebihan akibat pembebanan gempa.
3.    Rangka bresing (Braced frame)
Rangka bresing biasa disebut juga rangka berpengaku terdiri dari balok atau kolom ditambah dengan diagonal bracing. Aplikasi dari sistem ini sangat banyak ditemui pada kayu dan baja tetapi sedikit sekali diterapkan pada bangunan beton.
4.    Dinding geser (Shear Wall)
Dinding geser adalah salah satu elemen struktur berupa dinding vertikal menerus dari beton bertulang yang memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai pemikul beban gravitasi dan beban lateral. Secara struktural dinding geser dapat dianggap sebagai balok kantilever vertikal yang terjepit bagian bawahnya pada pondasi atau basemen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar